UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF UNTUK MEMPERCEPAT BERKEMBANGNYA POTENSI ANAK DEMI KEBERHASILAN PROSES BELAJAR MENGAJAR SEMESTER GENAP - Penelitan Tindakan Kelas SD
Guru dalam melaksanakan tugas belajar mengajar hendaknyaberpegang pada prinsip mendidik yang
antara laian : perhatian, penyuluhan,pengorbanan,
dan peneguhan. Menyadari dari prinsip tersebut, seorang guru dalammenjalankan tugasnya tidakhanya pengajar, tetapi seorang guru
harus betul-betulprofessional
dalam melihat, menganalisa, mengevaluasi, serta mampu memberikanbantuan pada siswa untuk memecahkan
masalahnya.Dengan adanya bantuan
yang diberikan oleh guru diharapkan nantinyasiswa
dapat berkembang ke arah kemandirian untuk mencapai prestasi belajar yangmaksimal yaitu lulusan yang peka, kritis,
mandiri, kreatif, dan bertanggung jawabsesuai
harapan sekolah, orang tua, dan diri anak.
Dalam menghadapi era globalisasi yang diiringi denganperkembangan IPTEK yang begitu pesat,
maka peningkatan kualitas sumber dayamanusia
mempunyai posisi yang strategis bagi keberhasilan dan kelanjutan pembangunan Nasional. Oleh sebab itu,
upaya tersebut mutlak harus mendapatperhatian
yang sungguh-sungguh dan harus dirancang secara sistematis dan seksamaberdasarkan pemikiran yang matang. Wadah
yang tepat bagi upaya peningkatankualitas
sumber daya manusia adalah pendidikan.
Ada beberapa indikator dalammeningkatkan pendidikan antara lain
melaui peningkatan kinerja guru danpeningkatan
mutu pelajaran yang meliputi MBS, Pakem, dan Peran Serta Masyarakat( PSM ).Dalam
kaitannya dengan Pakem, guru dituntut untuk menciptakanlingkungan belajar yang kondusif, yaitu
pembelajaran yang aktif,kreatif,efektif, danmenyenangkan.
Situasi tersebut harus diupayakan untuk semua mata pelajaran, gunamencapai peningkatan mutu pelajaran yang
optimal. Selaras
dengan apa yang dikatakan Bobby Deporter dalam bukunya. Quantum Learning bahwa agar efektif
belajar dapat dan harus menyenangkan. Untukmenyenangi
suatu mata pelajaran yang diajarkan, guru dituntut kreatif menciptakan. Lingkungan belajar kondusif mempercepat
berkembangnya potensi anak. Situasi
yang inovatif dengan mengerahkan secara optimal sumber daya dansumber dana yang ada. Guru yang berada
di barisan terdepan dalam pendidikan harusbisa
meramu agar penyampaian materi menjadi lebih menarik dan menyenangkan.Sebuah dilema, guru yang dianggap
sebagai penentu dan palingberpengaruh
dalam hal menanamkan konsep, telah menguasai materi pembelajaran,mampu memilih dan menerapkan metode,
menetapkan media pembelajarandihadapkan
pada siswa yang mempunyai potensi dan kemauan belajar di sekolahyang cukup menghasilkan hasil belajar
yang kurang optimal.
Terilhami oleh suatu ungkapan “Saya mendengar, saya lupa: sayamelihat, saya ingat: saya berbuat, saya mengerti“,serta “Mulailah
dari dirisendiri, mulai dari
yang kecil, dan mulai dari
sekarang“
maka penulis berasumsi bahwalingkungan
belajar anak baik formal dan informal dapat mempercepat proses belajarmengajar dalam rangka meningkatkan mutu.
Faktor penting yang mendorong penulis untuk mengangkat
judul “Upaya Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif untuk MempercepatBerkembangnya Potensi Anak Demi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar padaSemester Genap 2007-2008 SDN GLADAK ANYAR I Kecamatan Pamekasan”,
karena proses belajar mengajardi
sekolah pada semester ganjil telah dilakukan secara optimal tidak dibarengi
denganhasil ulangansemester ganjil yang optimal pula, bahkan
cenderung lupa dan blank/kosong.Kenyataan
di lapangan yang penulis hadapi , yaitu SDN GLADAK ANYAR I PAMEKASAN,
walaupun berada di wilayah kota ternyata dalam segiprestasi belajar masih harus mengakui
keunggulan SD yang lain, apalagi berbicaraberapa
orang anak yang diterima di SMP Negeri lebih jauh berapa nilai yangdiperoleh siswa pada Seleksi Penerimaan
Siswa Baru SMP.Oleh
karena itu penulissebagai
guru di SD tersebut berupaya untuk mengkondisikan lingkungan belajar yangkondusif untuk mempercepat berkembangnya
potensi anak demi keberhasilan prosesbelajar
mengajar di semester genap 2007-2008 dalam upaya peningkatan mutu.Lingkungan belajar kondusif mempercepat
berkembangnya potensi anak.
Penulisan penelitian tindakan kelas ini tentu saja
diharapkan memiliki nilai
kemanfaatan
. Adapun nilai kemanfaatan penulisan penelitian antara lain :
1.
Siswa , menemukan lingkungan yang nyaman secara fisik dan psikisdalam
proses belajar
2.
Membangun hubungan saling percaya dan menghargai saling membantu,
bebas berekspresi, dan
menerima perbedaan antara guru/pembelajar dan
siswa/wajib belajar.
3.Penulis, sebagai wahana sumbangsih buah
pikir dalam upaya inovasi
pembelajaran
4. Sekoah dan masyarakat , peningkatan mutu terhadap
hasil belajar.
Dan yang ke-5 karena isinya terlalu banyak silahkan email ke andikafaris [an] gmail.com atau melalui Nomor 08195011456 untuk mengetahui isi lengkapnya. Terima kasih.
terima kasih pak,jika ada mapel bing ya.
BalasHapusklo pesen untuk SBK klas 6 bsa tdak pak,tpi aku btuh cepat dlm mgu ini.
BalasHapus